Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat Datang Di Blog HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Kabupaten Bandung Salam Hijau-Hitam Yakusa!

Social Icons

Kamis, 12 September 2013

MENGUBAH PERADABAN DAN NASIB BANGSA MELALUI PENDIDIKAN

Oleh: Faiz Al-Jawahir
(Ketua Umum HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Kabupaten Bandung Periode 2012-2013)

Maju atau mundurnya peradaban suatu bangsa itu sangatlah tergantung pada berhasil atau tidaknya proses pendidikan di negara tersebut. Jika pendidikan di suatu negara baik maka hal tersebut akan langsung membawa imflikasi positif terhadap kemajuan peradaban bangsa tersebut. Begitu pula sebaliknya jika proses pendidikan disuatu negara gagal dan mencetak generasi yang gagal maka hal itu akan secara langsung membawa imflikasi negatif  pada kemajuan bangsa. Kegagalan,kebobrokan dan kehancuran dalam bidang pendidikan menjadi awal dari kehancuran peradaban di suatu bangsa.
Pendidikan sebagaimana para fakar pendidikan mendefinisikan pendidikan bukan hanya sebagai sarana untuk mentarnsper dan mengajarkan ilmu pengetahuan (tranfer of knowledge) tetapi di dalam proses pendidikan mencakup semua spek dalam peradaban. Proses pendidikan adalah sarana tranfoemasi ilmu pengetahuan,tranformasi kebudayaan, tranformasi moral dan akhlak serta proses pendidikan adalah proses membentuk peserta didik menjadi insan yang paripurna yang akan menopang pembangunan dan kemajuan perdaban bangsanya. Oleh sebab itu dilihat dari kacamata apapun memang pendidikan sangatlah penting untuk menentukan nasib bangsanya.
Sekarang kita lihat fenomena,dinamika dan realita yang terjadi di bangsa kita tercinta ini. bangsa ini, diera globalisasi ini sedang mengalami krisis multi dimensi, krisis moral, krisis ekonmi, krisis dedikasi, kririsi eksistensi, krisis akhlaq dan yang sangatlah parah bangsa ini sedang mengalami krisis kepemimpinan. Masalah-maslah seakan mengakar dalam setiap bidang yang ada di negara kita.
Jikalaua kita tafakuri dan pikirkan secara seksama segala masalah yang terjadi dinegara ini itu semua diawali dari masalah yang ada didalam bidang pendidikan. Contohnya krisis kejujuran dan tanggung jawab di negara kita itu semua dikarenakan para peserta didik ketika menjalani pendidikan disekolah diajarkan kejujuran hanya sebatas teori kejujuran saja tampa ada aflikasi riil dalam proses pembelajarannya. Misalnya dalam kasusu UN yang sudah menjadi rahasia umum didalam UN terdapat tim sukses yang akan mengahalalkan segala cara untuk meluluskan peserta didiknya. Begitu pula permasalahan yang lainnya yang ada di bangsa ini.
Maka jika kita menginginkan bangsa ini mencapai puncak peradaban dan mengalami kemajuan serta perbaikan dalam segala asfek maka hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki dan memaksimalkan proses pendidikan. Karena pada proses pendidikanlah  generasi muda bangsa kita dicetak untuk menjadi tulang punggung bangsa yang akan bertanggung jawab untuk membangun bangsa ini.
Banyak sekali masalah yang terjadi dalam bidang pendidikan denegara kita tercinta ini. namun saya mencatat ada beberapa hal yang harus segera diperbaiki sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Adapun bebrapa hal yang aharus diperbaiki adalah :
1. Pendidikan di Indonesia haruslah fokus untuk mewujudkan apa yang menjadi tujuan pendidikan  di Indonesia. Tujuan pendidikan nasional jangan hanya menjadi hiasan kata-kata indah didalam Undang-Undang tetapi haruslah menjadi cita-cita bersam yang akan memantik semangat dan kesungguh-sungguhan dalam menjalani proses pendidikan.
2. Pendidik dan tenaga kependidikan di Indonesia haruslah di tingkatkan fropesionalan serta kemampuannya dalam mengelola pendidikan. Sebagaimana pramudia ananta toer berkata “janganlah tuan terlalu percaya kepada pendidikan formal, karena jika gurunya baik saja masih bisa mencetak bandit; apalagi jika gurunya bandit pula sudah tentu akan mencetak bandit yang lebih bejat (Jejak langkah : 291).
3. Harus adanya kesadaran dari masyarakat indonesia terhapa pentingnya prose pendidikan dan yang bertanggung jawab demi mendidik dan mensuksekan pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah atau lembaga pendidikan saja. Tetapi semua itu merupakan tanggung jawab dari semua masyarkat Indonesia.
Serta masih banyak lagi permasalahan yang ada didalam bidang pendidikan di bangsa ini yang menjadi tugas kita bersama untuk memperbaikinya demi tercapainya keberhasilan pendidikan nasional. Karena, jiak ingin merubah nasib bangsa kita maka hal utama dan pertama yang harus diperbaiki adalah bidang pendidikan.
Jika ingin melihat karakter dan kemajuan suatu bangsa maka lihatlah apa yang terjadi dalam proses pendidikannya “

Tim Redaksi

Penanggungjawab : Faiz Al-Zawahir
Pemimpin Redaksi : Ilham Ibn Ishak Al-Bantany
Editor : M. Sichabudin Azmi
Desain Layout : Ilham Ibn Ishak Al-Bantany