Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh Selamat Datang Di Blog HMI Komisariat Tarbiyah Cabang Kabupaten Bandung Salam Hijau-Hitam Yakusa!

Social Icons

Rabu, 18 September 2013

PENDIDIKAN HUMANISTIK

Oleh : Faiz Al-zawahir*

Banking concept of education, istilah Paulo Freire bagi proses dehumanisasi pendidikan. Ciri utamanya adalah komunikasi bersifat antidialogis, guru mengajar-murid belajar, guru tahu segalanya-murid tidak tahu apa-apa, guru bicara-murid mendengarkan, guru adalah subjek proses belajar-murid objek belajar.
Paul MacLean, pengkaji Triune Theory, menjelaskan adanya pengaruh cara kerja otak dalam pembelajaran. Ada 3 bagian otak dengan fungsi masing-masing yang berbeda, yaitu otak besar (neokorteks), otak tengah (sistem limbik), dan otak kecil (otak reptil).
Otak besar berfungsi untuk kegiatan berbicara, berpikir, belajar, memecahkan masalah, merencanakan, dan mencipta. Otak tengah berfungsi untuk kegiatan yang melibatkan aspek sosial dan emosional, serta untuk mengingat jangka panjang (long term memory). Otak kecil berfungsi untuk bereaksi, kegiatan yang bersifat mengulang, mempertahankan diri, dan ritualis.
Sungguh tidak dapat dibayangkan jika pembelajaran masih didominasi oleh kegiatan menghafal, mengerjakan pekerjaan-pekerjaan rutin, dan mengedepankan komunikasi satu arah semata. Jika aktivitas pembelajaran tersebut dominan dilakukan di kelas, maka siswa-siswa kita hanya memfungsikan otak kecilnya saja. Bagaimana dengan nasib optimalisasi otak besar dan otak tengahnya? Bukankah ini merupakan proses menafikan eksplorasi potensi diri siswa yang sebenarnya sangat luar biasa?

Penyelenggaraan pendidikan kritis yang lebih mencerdaskan siswa dan mampu memberdayakan seluruh potensi siswa perlu dikembangkan secara tepat guna di ruang-ruang kelas. Terinspirasi oleh pemikiran Freire, ada 3 fokus utama yang dapat dijadikan landasan bertindak untuk mengembangkan pembelajaran yang lebih humanis, yaitu (1) Siswa belajar dari realitas atau pengalaman, dimana siswa tidak hanya menelan teori semata, tetapi otoritas pengetahuan siswa dibangun dari realitas yang ada di lingkungan sekitar siswa, (2) Dalam situasi pembelajaran, tak ada guru dan tak ada murid yang digurui, siswa dan guru sama-sama belajar, guru belajar untuk mengajar dan siswa belajar untuk belajar, (3) Dialogis adalah ciri utama yang dikembangkan dalam situasi pembelajaran, dimana guru-siswa dan siswa-siswa terlibat aktif dalam kegiatan transfer of learning positif sebagai sebuah komunitas belajar produktif.

Tim Redaksi

Penanggungjawab : Faiz Al-Zawahir
Pemimpin Redaksi : Ilham Ibn Ishak Al-Bantany
Editor : M. Sichabudin Azmi
Desain Layout : Ilham Ibn Ishak Al-Bantany